Mengenal Istilah Ips Pada Lingkungan Pendidikan
Istilah ”Ilmu Pengetahuan Sosial”, disingkat IPS, merupakan nama mata pelajaran di tingkat SD dan menengah atau nama kegiatan studi di perguruan tinggi tinggi yang identik dengan istilah “Social Studies” dalam kurikulum persekolahan di negara lain, khususnya di negara-negara Barat ibarat Australia dan Amerika Serikat. Nama ”IPS” yang lebih dikenal social studies di negara itu merupakan istilah hasil komitmen dari para jago atau pakar kita di Indonesia dalam Seminar Nasional wacana Civic Education tahun 1972 di Tawangmangu, Solo. IPS sebagai mata pelajaran di persekolahan, pertama kali dipakai dalam Kurikulum 1975.
Namun, pengertian IPS di tingkat persekolahan itu sendiri memiliki perbedaan makna, diubahsuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan akseptor didik khususnya antara IPS untuk SD (SD) dengan IPS untuk SMP (SMP) dan IPS untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengertian IPS di persekolahan tersebut ada yang berarti nama mata pelajaran yang bangun sendiri, ada yang berarti adonan (integrated) dari sejumlah mata pelajaran atau disiplin ilmu, dan ada yang berarti kegiatan pengajaran. Perbedaan ini sanggup pula diidentifikasi dari perbedaan pendekatan yang diterapkan pada masing-masing jenjang persekolahan tersebut.
Terdapat banyak persepsi wacana pengertian IPS di lingkungan pendidikan kita. Ingatkah ketika anda duduk di dingklik SD dan Sekolah Menengah, pada dikala anda mendapat pelajaran IPS dari Bapak/Ibu guru? Diantara anda tentu akan memiliki persepsi yang bermacam-macam wacana apakah IPS itu. Mungkin ada diantara anda yang menganggap bahwa IPS terdiri atas mata pelajaran-mata pelajaran Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Persepsi ini terutama didasarkan pada pengalaman berguru IPS di SMP. Bagi mereka yang telah berguru IPS di Sekolah Menengan Atas tentu akan lain lagi persepsinya. Pengertian IPS pada tingkat Sekolah Menengan Atas paling tidak ada dua arti: pertama, IPS sanggup berarti salah satu jenis kegiatan studi (A3). Kedua, bisa berarti sejumlah mata pelajaran yang termasuk kedalam disiplin ilmu-ilmu sosial.
Mata pelajaran yang termasuk kelompok IPS pada tingkat Sekolah Menengan Atas ini meliputi: Tata Negara, Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah. Istilah IPS di SD merupakan nama mata pelajaran yang bangun sendiri sebagai integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial, humaniora, sains bahkan banyak sekali info dan duduk masalah sosial kehidupan. Materi IPS untuk jenjang SD tidak terlihat aspek disiplin ilmu alasannya yang lebih dipentingkan yakni dimensi pedagogik dan psikologis serta karakteristik kemampuan berpikir akseptor didik yang bersifat holistik.
Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah Ips Pada Lingkungan Pendidikan"
Posting Komentar