Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Dalam Dasar Mengajar

Pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat kompleks dan melibatkan banyak sekali aspek yang saling berkaitan. Oleh alasannya itu, untuk membuat pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan, dibutuhkan banyak sekali keterampilan. Diantaranya yaitu keterampilan dasar mengajar.

Keterampilan dasar mengajar dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu kemampuan minimal yang harus dicapai oleh mahasiswa sesudah mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Mahasiswa dalam upaya menyiapkan diri sebagai alon guru yang profesional harus menguasai banyak sekali macam keterampilan dasar mengajar. 

Macam-macam keterampilan dasar mengajar tersebut meliputi:

 Pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat kompleks dan melibatkan banyak sekali aspek ya Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Dalam Dasar Mengajar


Keterampilan membuka dan menutup pelajaran

a) Keterampilan membuka pelajaran

Keterampilan membuka pelajaran yaitu acara yang dilakukan oleh guru dalam acara pembelajaran untuk membuat prakondisi siswa agat minat dan perhatiannya terpusat pada apa yang akan dipelajarinya. Hal tersebut sanggup dilakukan dengan cara mengemukakan tujuan yang akan dicapai, menarik perhatian siswa, memberi acuan, dan membuat kaitan antara materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa dengan materi yang akan dipelajarinya.49 Keterampilan membuka pelajaran mempunyai tujuan:
1) membantu siswa menyiapkan diri biar semenjak semula sudah sanggup membayangkan pelajaran yang akan dipelajarinya.
2) menjadikan minat dan perhatian siswa pada apa yang akan dipelajari dalam acara mencar ilmu mengajar.
3) membantu siswa untuk mengetahui hubungan antara pengalamanpengalaman yang telah dikuasainya dengan hal-hal gres yang akan dipelajari.

Komponen-komponen membuka pelajaran antara lain yaitu:
1) menarik perhatian siswa antara lain dengan cara variasi gaya mengajar, penggunaan alat bantu mengajar, variasi pola interaksi.
2) memotivasi siswa antara lain dengan cara menjadikan kehangatan dan keantusiasan, menjadikan rasa ingin tahu, dan mengemukakan inspirasi yang bertentangan.
3) memberi contoh antara lain dengan cara mengemukakan tujuan pembelajaran, mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan menyarankan langkah-langkah yang harus ditempuh siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
4) membuat kaitan, minat, pengalaman, kebutuhan, dan hal-hal yang telah dikenal siswa merupakan materi pengait yang sanggup dipakai untuk mempermudah pemahaman siswa.

b) Keterampilan menutup pelajaran

Keterampilan menutup pelajaran yaitu acara yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran. Usaha menutup pelajaran itu dimaksudkan untuk memberi citra menyeluruh perihal apa yang telah dipelajari oleh siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses mencar ilmu mengajar.

Keterampilan menutup pelajaran mempunyai tujuan untuk:
1) mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran.
2) mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam membelajarkan pada siswa.
3) membantu siswa untuk mengetahui hubungan antara pengalamanpengalaman yang telah dikuasainya dengan hal-hal gres yang akan dipelajari.

Komponen-komponen menutup pelajaran antara lain yaitu:
1) meninjau kembali penguasaan inti pelajaran, yaitu dengan cara merangkum inti pelajaran.
2) mengevaluasi, yaitu dengan cara mendemonstrasikan keterampilan, mengaplikasikan inspirasi baru,  memberi soal-soal baik verbal maupun tulisan, dan pengayaan.

Belum ada Komentar untuk "Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Dalam Dasar Mengajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel