Inovasi Kurikulum Berbasis Masyarakat
Perkembangan pendidikan akan seiring sejalan dengan dinamika masyarakatnya, alasannya ciri masyarakat selalu berkembang. Ada kelompok masyarakat yang berkembangan sangat cepat, tetapi ada pula lambat. Hal ini alasannya efek dari perkembangan teknologi, komunikasi dan telekomunikasi. Dalam kondisi menyerupai ini perubahan-perubahan di masyarakat terjadi pada semua aspek kehidupan. Efek perubahan di masyarakat akan berimbas pada setiap individu warga masyarakat, pengetahuan, kecakapan, sikap, kebiasaan bahkan pola-pola kehidupan.
Mobilitas yang tinggi mempercepat segala aspek kehidupan dan pemerataan pembangunan antara sentra dan daerah. Komunikasi yang sangat cepat, lancar, dan akurat memudahkan seseorang memperoleh warta yang sangat berharga bagi kepentingan bisnis, pemerintahan, pendidikan dan hobi. Produk yang sangat nampak terjadi proses pembauran, kontradiksi atau konplik antara sektor budaya, sosial dan agama. Melalui proses alkulturasi, pertentangan, konplik kepentingan seharusnya sanggup dikurangi secara perlahan.
Dalam konteks global, khususnya dalam pengembangan kurikulum secara nasional, antar negara, kurikulum nasional yang akan dianut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain falsafah yang dianut, kondisi sosial ekonomi, tingkat pendidikan, budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Belum ada Komentar untuk "Inovasi Kurikulum Berbasis Masyarakat"
Posting Komentar