Pengertian Pembelajaran Terbadu Bahasa Indonesia

Terdapat dua istilah yang secara teoretis mempunyai korelasi yang sangat erat, yaitu integrated curriculum (kurikulum terpadu) dan integrated learning (pembelajaran terpadu). Kurikulum terpadu yaitu kurikulum yang menggabungkan sejumlah disiplin ilmu melalui pemaduan isi, keterampilan, dan perilaku (Wolfinger, 1994:133; Soewignyo, 1996). Rasional pemaduan itu antara lain disebabkan oleh beberapa hal berikut.

 Terdapat dua istilah yang secara teoretis mempunyai korelasi yang sangat erat Pengertian Pembelajaran Terbadu Bahasa Indonesia

1) kebanyakan dilema dan pengalaman (termasuk pengalaman belajar) bersifat interdisipliner sehingga untuk memahami, mempelajari, dan memecahkannya diharapkan “multi-skill”;
2) adanya tuntutan interaksi kolaboratif yang tinggi dalam memecahkan banyak sekali masalah;
3) memudahkan anak menciptakan korelasi antar skemata dan transfer pemahaman antar konteks;
4) demi efisiensi; dan 
5) adanya tuntutan keterlibatan anak yang tinggi dalam proses pembelajaran.

Sejalan dengan hal tersebut, pembelajaran terpadu banyak dipengaruhi oleh eksplorasi topik yang ada di dalam kurikulum sehingga anak sanggup berguru menghubungkan proses dan isi pembelajaran secara lintas disiplin dalam waktu yang bersamaan. 

Pembelajaran terpadu sebagai suatu konsep sanggup diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memperlihatkan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dikatakan bermakna lantaran dalam pembelajaran terpadu, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman eksklusif dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. 

Fokus perhatian pembelajaran terpadu terletak pada proses yang ditempuh siswa ketika berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-bentuk keterampilan yang harus dikembangkannya (Aminuddin, 1994). Berdasarkan hal tersebut, pengertian pembelajaran terpadu sanggup dilihat sebagai:

1) pembelajaran yang beranjak dari suatu tema tertentu sebagai sentra perhatian (center of interest) yang dipakai untuk memahami gejala-gejala dan konsep lain, baik yang berasal dari mata pelajaran yang bersangkutan maupun dari mata pelajaran lainnya;

2) suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan banyak sekali mata pelajaran yang mencerminkan dunia kasatmata di sekeliling dan dalam rentang kemampuan dan perkembangan anak;

3) suatu cara untuk menyebarkan pengetahuan dan keterampilan anak secara serempak (simultan);

4) merakit atau menggabungkan sejumlah konsep dalam beberapa mata pelajaran yang berbeda, dengan impian siswa akan berguru dengan lebih baik dan bermakna.

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada praktik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Pendekatan ini berangkat dari teori pembelajaran yang menolak proses latihan/hafalan (drill) sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak. Teori pembelajaran ini dimotori para tokoh Psikologi Gestalt, (termasuk teori Piaget) yang menekankan bahwa pembelajaran itu haruslah bermakna dan menekankan juga pentingnya jadwal pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak.

Pelaksanaan pendekatan pembelajaran terpadu ini bertolak dari suatu topik atau tema yang dipilih dan dikembangkan oleh guru bahu-membahu dengan anak. Tujuan tema ini bukan hanya untuk menguasai konsep-konsep mata pelajaran, melainkan juga konsep-konsep dari mata pelajaran terkait dijadikan sebagai alat dan wahana untuk mempelajari dan menjelajahi topik atau tema tersebut. Jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional, pembelajaran terpadu sepertinya lebih menekankan pada keterlibatan anak dalam proses berguru atau mengarahkan anak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan pembuatan keputusan. Pendekatan pembelajaran terpadu ini lebih menekankan penerapan konsep berguru sambil melaksanakan sesuatu (learning by doing).

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pembelajaran Terbadu Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel