Lebih Dalam Mengenal Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kompetensi merupakan kemampuan mengerjakan sesuatu yang berbeda dengan sekedar mengetahui sesuatu. Kompetensi harus didemonstrasikan sesuai dengan standar yang ada di lapangan kerja (Hamalik, 2000). Kompetensi sanggup berupa pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang merefleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Kebiasaan berfikir dan bertindak secara konsisten dan terus menerus setiap dikala akan memungkinkan bagi seseorang untuk berkompeten, artinya mempunyai pengethauan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar untuk melaksanakan sesuatu. Kompetensi sanggup diartikan suatu kemampuan untuk menstrasfer dan menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki seseorang pada situasi yang baru.
 Kompetensi merupakan kemampuan mengerjakan sesuatu yang berbeda dengan sekedar mengetahui Lebih Dalam Mengenal Kurikulum Berbasis Kompetensi
Kurikulum berbasis kompetensi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan ihwal kompetensi dan hasil berguru yang harus dicapai siswa, penilaian, aktivitas berguru mengajar dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dan menyebarkan sekolah (Depdiknas, 2002).

Dari rumusan tersebut, KBK lebih menekankan pada kompetensi atau kemampuan apa yang harus dimiliki oleh siswa sehabis mereka melaksanakan proses pembelajaran tertentu, sedangkan kasus bagaimana cara mencapainya, secara teknis operasional diserahkan kepada guru di lapangan. Tidak ada dalam KBK secara tersirat dan tersurat apa yang harus dilakukan guru untuk mencapai kompetensi tertentu. KBK hanyalah menawarkan petunjuk seca universal bagaimana seharusnya teladan pembelajaran diterapkan oleh setiap guru.

Rumusan lain ihwal kompetensi berdasarkan McAshan (l981) yakni suatu pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan atau kapabilitas yang dimiliki seseorang yang telah menjadi bab dari dirinya sehingga mewarnai sikap kognitif, afektif, dan psikomotornya. Ini berarti bahwa kompetensi bukan hanya ada dalam tataran pengetahuan akan tetapi sebuah kompetensi harus tergambarkan dalam teladan perilaku, artinya bagaimana implementasi pengetahuan itu diwujudkan dalam teladan tindakan yang siswa lakukan sehari-hari. Sehingga kompetensi itu pada hakekatnya merupakan perpaduan dari pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap yang direfleksikan dalam bentuk kebiasaan berfikir dan bertindak.

KBK beroreantasi bahwa siswa bukan hanya memahami bahan pelajaran untuk menyebarkan kemampuan intelektual saja, melainkan bagaimana pengetahuan itu dipahaminya sanggup mewarnai sikap yang ditampilkan dalam kehidupan nyata. Gordon (l988) menyarankan beberapa aspek yang harus terkandung dalam kompetensi sebagai berikut:
1. Pengetahuan (knowledge), yaitu pengetahuan untuk melaksanakan proses berfikir.
2. Pemahaman (understanding). Yaitu kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki individu.
3. Keterampilan (skill), yaitu sesuatu yang dimiliki individu untuk melaksanakan kiprah yang dibebankan.
4. Nilai (value) yakni suatu standar sikap yang telah diyakini sehingga akan mewarnai dalam segala tindakannya.
5. Sikap (attitude), yaitu perasaan atau reaksi terhadap suatu rangsang yang tiba dari luar, perasaan bahagia atau tidak bahagia terhadap sesuatu masalah
6. Minat (interest), yaitu kecenderungan seseorang untuk melaksanakan suatu tindakan atau perbuatan untuk mempelajari bahan pelajaran. 
Kompetensi apa saja yang harus dicapai oleh KBK? Wina Sanjaya (2005) menawarkan apresiasi terdapat 4 kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa sesuai dengan tuntutan KBK, yaitu:
1. Kompetensi akademik, yaitu penerima didik harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan duduk kasus hidup
2. Kompetensi okupasional, artinya penerima didik harus mempunyai kesiapan dan bisa menyesuaikan diri terhadap dunia kerja
3. Kompetensi kultural, artinya penerima didik harus bisa menempatkan diri sebaikbaiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat
4. Kompetensi temporal, yaitu penerima didik tetap eksis dalam menjalani kehidupannya sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

selanjutnya : 3 Asas Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Belum ada Komentar untuk "Lebih Dalam Mengenal Kurikulum Berbasis Kompetensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel