Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Terpadu
Terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa secara terpadu di sekolah dasar, terutama pada ketika penggalian tema-tema, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian. Dalam proses penggalian tema-tema perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
- Tema hendaknya tidak terlalu luas, tetapi dengan gampang sanggup dipakai untuk memadukan mata pelajaran.
- Tema harus bermakna, maksudnya tema yang dipilih untuk dikaji harus memperlihatkan bekal bagi siswa untuk mencar ilmu selanjutnya.
- Tema harus diadaptasi dengan tingkat perkembangan siswa.
- Tema yang dikembangkan harus bisa memperlihatkan sebagian besar minat siswa.
- Tema yang dipilih hendaknya mempertimbangkan peristiwa-peristiwa otentik yang terjadi di dalam rentang waktu belajar.
- Tema yang dipilih hendaknya mempertimbangkan kurikulum yang berlaku serta keinginan masyarakat.
- Tema yang dipilih hendaknya juga mempertimbangkan ketersediaan sumber belajar.
Dalam proses pelaksanaan pembelajaran bahasa secara terpadu perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
a. Guru hendaknya tidak bersikap diktatorial atau menjadi “single actor” yang mendominasi acara dalam proses pembelajaran.
b. Pemberian tanggung jawab individu dan kelompok harus terang dalam setiap kiprah yang menuntut adanya kerjasama kelompok.
c. Guru perlu bersikap akomodatif terhadap ide-ide yang terkadang sama sekali tidak terpikirkan dalam perencanaan pembelajaran.
Dalam proses evaluasi pembelajaran bahasa secara terpadu perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan evaluasi diri (self-evaluation) di samping bentuk evaluasi lainnya.
2. Guru perlu mengajak para siswa untuk menilai perolehan mencar ilmu yang telah dicapai menurut kriteria keberhasilan pencapaian tujuan atau kompetensi yang telah disepakati.a
Belum ada Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Terpadu"
Posting Komentar