Keterampilan Menjelaskan Dalam Proses Pembelajaran
Keterampilan menjelaskan dalam pembelajaran ialah keterampilan menyajikan isu secara mulut yang dikelola secara sistematis untuk memperlihatkan adanya relasi antara satu bab dengan bab yang lain.
Ciri utama keterampilan menjelaskan yaitu penyampaian isu yang bersiklus dengan baik, disajikan dengan baik, serta urutan yang cocok.
Tujuan memperlihatkan klarifikasi antara lain:
a) membimbing siswa memahami bahan yang dipelajari.
b) untuk memperlihatkan balikan kepada siswa mengenai tingkat pemahamannya dan untuk mengatasi kesalahpahaman mereka.
c) menolong siswa untuk memahami hukum, dalil, konsep dan prinsip-prinsip umum secara objektif dan bernalar.
Komponen-komponen keterampilan menjelaskan antara lain yaitu:
a) merencanakan pelajaran yang meliputi pokok-pokok bahan dan hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik siswa.
b) penyajian suatu klarifikasi dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1) kejelasan yang sanggup dicapai dengan bahasa yang jelas, berbicara dengan lancar, mendefinisikan istilah-istilah teknis, dan berhenti sejenak untuk melihat respon siswa terhadap klarifikasi guru.
2) penggunaan referensi dan ilustrasi.
3) memperlihatkan tekanan. Guru harus mengarahkan perhatian siswa semoga terpusat pada problem pokok dan mengurangi isu yang tidakpenting.
4) penggunaan balikan, balikan perihal perilaku siswa sanggup dijaring bersamaan dengan memperlihatkan pertanyaan.
Belum ada Komentar untuk "Keterampilan Menjelaskan Dalam Proses Pembelajaran"
Posting Komentar