Komponen-Komponen Kurikulum Berbasis Keterpaduan
Kurikulum Berbasis Keterpaduan mencakup aneka macam komponen yang saling berkaitan yaitu sub sistem masukan yakni siswa, sub sistem proses yakni metode, materi dan masyarakat, sub sistem produk yakni lulusan yang dikaitkan komponen penilaian dan umpan balik. Masing-masing komponen saling berkaitan, dampak mempengaruhi satu sama lain dalam rangka untuk mencapai tujuan.
Komponen lulusan ialah produk sistem kurikulum yang memenuhi impian kuantitas yakni jumlah lulusan sesuai dengan kebutuhan dan impian kualitas yakni mutu lulusan ditinjau dari segi tujuan instrinsik dan tujuan ekstrinsik. Tujuan instrinsik beroreantasi bahwa lulusan dibutuhkan menjadi insan-insan terdidik, berbudaya dan berahlakulkarimah. Tujuan ekstrinsik, beroreantasi bahwa lulusan sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan khususnya kompeten di bidang pekerjaannya.
Komponen metode terdiri dari kegiatan pembelajaran, metode penyajian, materi dan media pendidikan. Sedangkan komponen materi terdiri dari fasilitas, sarana dan prasarana, perlengkapan, dan biaya. Komponen ini disediakan dalam jumlah dan kualitas yang memadai dan berfungsi sebagai unsur penunjang proses pendidikan. Khusus media pendidikan bagaimana media tersebut memakai lingkungan sekolah daerah berguru dan selalu memudahkan dan menyederhanakan materi sehingga menyenangkan situasi berguru siswa.
Komponen penilaian untuk menilai keberhasilan proses kurikulum dan ketercapaian tujuan kurikulum. Evaluasi dilaksanakan dalam bentuk penilaian formatif dan penilaian summatif. Hasil penilaian menawarkan isu untuk menciptakan keputusan perihal tingkat produktivitas kurikulum dan derajat performansi yang dicapai oleh siswa. Komponen balikan berkhasiat untuk menawarkan isu dalam rangka umpan balik demi perbaikan sistem kurikulum. Sumber isu diperoleh dari hasil penilaian yang telah dilaksanakan sekolah dan forum daerah para lulusan bekerja.
Komponen masyarakat merupakan masukan eksternal dalam bidang sosial dan budaya, yang berfungsi sebagai faktor penunjang dan turut mewarnai pelaksanaan kurikulum secara keseluruhan.
Belum ada Komentar untuk "Komponen-Komponen Kurikulum Berbasis Keterpaduan"
Posting Komentar